Formulir Kontak

 

WHAT I DO ON 3RD SEMESTERS

Hai-hai welcomeback,setelah sekian lama lenyap ditelan tugas..............
Kalo udah masuk kuliah itu buat liat blog aja gada waktu apa lagi ngepost diblog -.-
Soalnya kalo udh masuk kuliah selalu dikejar2 oleh tugas dan tugasnya ga yang langsung selesai mesti berminggu2 bahkan berbulan2 baru selese. Kenapa bisa lama soalnya tugasnya ga cuma 1 matkul tp bermatkul2 daaannnnn prosesnya emang cukup lamaaaaaaaaaa. Eh tapi apa guenya aja yg lemot ya,ahh ga juga buktinya sebelum yg laen selese gue udah selese duluan,wkwk
Oke langsung aja gue kasih tau apa aja yg gue lakuin selama semester 3 ini, tp ini cuma tugas besar doing yg gue kasih liat,okay!

1.       SPA 2 (Studio Perancangan Arsitektur)





Kalo kalian anak arsitektur pasti ga asing sama matkul ini,tp sebagian kampus laennya biasa nyebut SPA ini STUPA but its have same content. Jadi dimatkul perancangan 2 ini gue mulai merancang bangunan tingkat rendah dengan fungsi tunggal.
 Okay gue jelasin dulu bangunan dgn fungsi tunggal itu maksudnya dalam satu bangunan cuma punya 1 fungsi kaya sekolah ya fungsinya cuma buat belajar ato restoran cuma buat makan ato apartemen yang cuma buat hunian aja,beda lagi kalo apartemen trs dibawahnya ada pusat perbelanjaannya kalo itu namanya mixedused building,dimana disitu ada fungsi hunian dan perbelanjaan dalam satu bangunan.
Oh ya buat SPA 2 kali ini  gue dapet bangunan international school. Jadi satu kelas itu dibagi 3 kelompok, dimana tiap kelompok bangunan yang dibuat itu beda2. Tugas ini hasil akhirnya berupa print A4 soft cover gitu,semuanya udh pake software ngerancangnya ya walaupun renderan masih kasar bgt gt deh tp ya mau bagaimana lagi. Pdhl harusnya SPA 2 masih manual tau SPA 3 baru tuh pake CAD sama Sketchup,kan sebel jadinyaaa pake sketchup aja belum lancar2 amat ehhh tugas udh dituntut kaya begitu -.- okay sudahlah yaaa toh udh berakhir.
Oh ya nih beberapa gmbr dr SPA 2 guee,tdnya yg udh gue cetak jd kaya majalah gt kertasnya udh gue foto tp hp gue abs diformat dan hanya tersisa segelintir foto -.-


tuh kertasnya yg dipake artpaper tdnya mau pake hvs tp ternyata harganya sama aja yaudah mending artpaper dong jd berasa majalah gitu,haha



Ini cover versi yg blm dicetak ye,kalo yg diatas udh dicetak tuh dbuat warna cover udah diseragamin satu kelas gt deh



Terus ini site analisis,ini yg gue kasih liat pas nganalisis matahari. Jadi site analisis kita nganalisis dari site yg kita punya yg nantinya bakal kita bangun. Analisis site biasanya kaya nganalisis lintasan matahari, arah angin, kontur tanah, drainase, pencapaian, kebisingan,dll. Abis dianalisis biasanya kita ngasih respon dr apa yg kita analisis kaya contoh diatas tuh.



Lalu ini blockplan. Blockplan skala kecil dari plan of building kita yg bisa nunjukin lokasi site dan sekitarnya gitu. Biasanya untuk skala bisa pake 1:500 atau lebih.



Kalo ini siteplan, hampir sama kaya blockplan tp kalo siteplan yg terlihat hanya jalan yg dekat dengan site saja.


     Okay ini tampak bangunannya dilihat dr depan dan samping, ini harusnya item putih semua tp kayanya ppt yg gue buka itu belum gue edit deh makanya jd belang gitu atas item semi abu2 bawahnya warna,hehe. Oh ya bangunan yg gue bikin ada 5/6 masa bangunan kalo ga salah, main building yg tempat belajar mengajar itu yg bangunan paling depan yg bentuknya segitiga itu. Untuk main building terdiri dari 4 lantai,lantai 1 untuk office dan receptionist dan lantai atas2nya buat kelas sama lab. Masa bangunan laennya dipake buat minimarket & café, lapangn trs aula,masjid,dinning hall,playground. Ini international jadi ya fasilitasnya super gitu dan yg tmpt gue survey juga sama kaya gitu fasilitasnya.


Ini beda sama tampak ini namanya prespektif mata normal, dimana bangunan dilihat dr sudut mata normal,ada juga yg bird eyes view.

                                           
  Ini interior kelasnya. Oh ya lupa gue kasih tau bangunan yg gue buat materialnya pake struktur baja ekspose dan material kaca,kacanya duh gue lupa namanya apa tpyg burem gitu dan dari luar nampak kaya cermin. Kenapa gue pake kaca, soalnya kalo sekolahkan kegiatannya berkisaran pagi-sore dimana itu matahari masih ada,kalo ada matahari kenapa ga kita fungsiin secara maksimal aja gitu,makanya gue pake kaca dan kenapa buram biar kalo siang banget matahari yg masuk kedalem ga semua Cuma beberapa persen soalnya kayanya difuse gitu dan satu lagi kalo kacanya bisa liat keluar nanti anak-anaknya malah ga fokus belajar tp malah liatin keluar mulu deh. Oh ya satu lagi ditengah2 bangunan sebenernya itu ada void cukup gede, void mulai dari lt1-lt 4. Jadi matahari bisa masuk juga tuh dari voidnya.



Kayanya itu aja buat review SPA 2 yg udah gue kerjain. Disini gue masih sangat-sangat perlu belajar lagi jd maaf kalo ada salah-salah waktu gue jelasin soalnya gue newbie banget yg masih butuh belajar belajar dan belajar.




#pst….itu semua hasil renderan first time gue,sesungguhnya gue malu dgn hasil renderan yg sangat kasar,oh ya itu gue pake material vismat sama gue pake hdri juga biar ada awan2nya gitu.



Total comment

Author

Nemara Madhanya Nisaf.

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply